Presiden George W. Bush : Presiden Terburuk Sepanjang Sejarah AS

Oleh : Ordinary Kid

Begitulah komentar para pengamat politik di Amerika Serikat menilai presiden AS ke-43 ini. Presiden yang berasal dari partai Republik ini dianggap telah melakukan blunder dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang tidak populer pasca tragedi World Trade Center (WTC) 11 September 2001 silam. Neraca keuangan Amerika Serikat yang sempat menyentuh surplus pada masa presiden sebelumnya, Bill Clinton, kini telah mencapai defisit hingga lebih dari 400 milliar dollar AS, sebuah titik klimaks yang fantastis di penghujung era kepemimpinan George W. Bush (lihat diagram). Defisit anggaran AS ini banyak tersedot dalam perang melawan “terorisme” di Afghanistan dan Irak yang hingga kini belum dimenangkan oleh pihak sekutu -AS-.

Berdasarkan sebuah survei, popularitas George W. Bush mencapai prosentase yang paling rendah sejak masa dimana ia menjabat sebagai presiden delapan tahun silam. Apalagi jika ditambah dengan survei yang dilakukan di dunia, khususnya negara-negara Islam, sebagian besar dari mereka umumnya menyatakan tidak suka terhadap kebijakan luar negeri Bush terhadap negara-negara Islam. Tak hanya itu, sebuah artikel yang muncul beberapa hari lalu di beberapa media cetak menyebutkan bahwa presiden yang tidak populer ini dijauhi oleh partainya sendiri, Republik. Fenomena ini memang pernah terjadi pada mantan presiden AS, Jimmy Carter yang beberapa tahun setelah lengser, dianggap pahlawan bagi Amerika. Namun, krisis global yang dibuat oleh Bush tampaknya sulit dilupakan oleh rakyat AS.

Nama Bush kian tenggelam oleh kampanye kandidat presiden AS beberapa waktu lalu yakni, senator Arizona, John McCain dan senator Illionis, Barack Obama. Obama yang menawarkan sebuah “change” kepada Amerika tampaknya menjadi angin sejuk pada rakyat AS yang dilanda kepanikan ekonomi.

Krisis finansial global yang ditinggalkan oleh George Bush Jr menjadi catatan akhir yang terburuk sejak resesi ekonomi tahun 1930-an. Imbasnya, kandidat presiden dari partai Republik, John McCain menjadi bulan-bulanan Obama dengan menyamakan McCain dengan Bush. Meskipun McCain tidak menyukai Bush karena pencalonannya kembali dari partai Republik pada tahun 2004 silam, bagaimanapun juga McCain memiliki andil dalam mengarsiteki perang di Irak dan Afghanistan. Bush juga disebut-disebut sebagai biang keladi kegagalan kampanye McCain. Hal ini menjadi salah satu asumsi bergesernya dukungan masyarakat di beberapa negara bagian yang pada awalnya cukup loyal terhadap partai Republik, di samping asumsi citra buruk gubernur Alaska, Sarah Palin yang kini menjadi cawapres mendampingi McCain sehingga mereka kalah dengan persentase yang cukup telak dalam pemilu AS kali ini.

Nama pria kelahiran Connecticut ini sempat meroket setelah mendeklarasikan perang terhadap “terorisme” dan ingin mendemokratisasi seluruh negara di dunia. Namun, ambisi kebijakan luar negerinya dianggap gagal total, pasalnya, hingga kini AS tidak mampu menyelesaikan proyek ambisiusnya, padahal sudah begitu banyak uang yang dikucurkan Washington untuk mendanai perang. Ditambah lagi kurang responsifnya pemerintah dalam menghadapi bencana badai Katrina, skandal penjara Guantanamo yang sangat kontradiktif dengan salah satu misi AS – menjunjung tinggi HAM-, dan isu-isu lainnya.

Buruknya kinerja Bush sebagai presiden AS mungkin menjadi alasan yang logis dalam menjadikannya sebagai presiden terburuk sepanjang sejarah Negeri Paman Sam tersebut. Semoga saja presiden AS yang baru terpilih, Barack Hussein Obama tidak mengingkari janjinya saat kampanye untuk menciptakan perdamaian dunia dengan lebih memprioritaskan diplomasi daripada invasi.

Iklan

15 Responses to “Presiden George W. Bush : Presiden Terburuk Sepanjang Sejarah AS”


  1. 1 asuna17 November 14, 2008 pukul 8:19 am

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://berita-politik-dunia.infogue.com/presiden_george_w_bush_presiden_terburuk_sepanjang_sejarah_as

  2. 2 nurrahman18 November 15, 2008 pukul 11:41 pm

    sepakat..
    semoga barry dpt sedikit demi sedikit mengurangi krisi global!
    walaupun di lain pihak,dulu wkt kampanye, si barry secara lugas menyatakn dukungan penuh dan legitimasi israel. Barry mengatakan bahwa iran memang menyimpan nuklir,dia tdk bgitu sepakat dgn kebijakan2 ahmadinejad.
    Waduh,semoga ga jadi ‘bush’ ke-2!

  3. 3 Amrullah Arafat "Aa" Samektowibowo November 16, 2008 pukul 12:11 am

    Yap,setuju,,AS ga2l total ditangannya Bush,,
    Huhu,,kasian negara2 Islam,,dibilang teroris mulu,,padahal kan,bukan negaranya,,tu mungkin cuman oknum2,,

  4. 4 fantasyforever November 16, 2008 pukul 5:11 am

    Setuju saja deh. :mrgreen:

  5. 5 yanti456456 November 16, 2008 pukul 9:48 am

    selamat.omaba aja yach

  6. 6 reatheryan November 16, 2008 pukul 11:55 am

    wah gak takut entar diteror sma yang punya nama πŸ˜›

  7. 7 Ibit November 16, 2008 pukul 12:40 pm

    Di negerinya sendiri USA, George W Bush banyak dikecam dan kritik, karena kebijak2an luar negerinya yang berujung pada melemah kondisi dalam negeri Amerika. Sesungguhnya W. Bush adalah teroris sesungguhnya, Ia dan kroni2nya macam Inggris telah menciptakan suasana mencekam pada negara yang “kata mereka” terlibat dalam aksi2 teror.
    Smoga Obama memang lebih baik.

  8. 8 BUNYU ONLINE November 16, 2008 pukul 4:59 pm

    Mudah-mudahan Obama tidak ketularan sifat angkuhnya Bush. Maklum, menjadi presiden sebuah negara adikuasa bisa membuat orang menjadi merasa sudah menguasai dunia.

  9. 9 Xaliber von Reginhild November 16, 2008 pukul 6:52 pm

    Setidaknya Hitler dapat mengembangkan potensi militer dan menggalang sebagian rakyatnya dengan lebih baik daripada Bush. So they are not the same shit after all. πŸ˜›

    @nurrahman18:
    Rasanya Ahmadinejad memang agak kontroversial. Reaksi-reaksinya yang begitu nggak begitu heran kalau memancing sikap Obama yang mungkin agak kedengaran negatif.

  10. 10 kira yaamato November 17, 2008 pukul 1:03 am

    wahhhh bener aq setuju klo bush harus lengser…..daripada bush/mccain lebih baik obama anak menteng…..smoga obama bisa menentramkan afganistan dan negara islam amin

  11. 11 s H a November 18, 2008 pukul 9:52 am

    huuufh, kiranya anggapan itu benar adanya

  12. 12 Ordinary Kid November 21, 2008 pukul 2:17 am

    @ nurrahman18:
    Ya, dari dulu emang presiden AS lebih loyal kepada Israel dibanding negara-negara Islam, tak terkecuali Obama. Kekuatan orang-orang Yahudi di dalam pemerintahan AS begitu menggurita melalui lobi-lobinya. 😦

    @ Amrullah Arafat “Aa” Samektowibowo:
    Iya betul

    @ fantasyforever:
    Sama deh, setuju juga. :mrgreen:

    @ yanti456456:
    Ho oh πŸ˜›

    @ reatheryan:
    Lah, kenapa takut? Kan sama-sama makan lewat mulut πŸ˜›

    @ Ibit:
    Ya, setuju mas. Perang melawan “terorisme” menjadi kendaraan baru bagi AS untuk mengokokohkan hegemoninya. Buktinya ketika dunia dilanda krisis pangan dan energi, yang melimpah malah peralatan militer 😑

    @ BUNYU ONLINE:
    Iya, bisa jadi. Mudah-mudahan tidak pongah seperti pendahulunya.

    @ Xaliber von Reginhild:
    Ya mungkin yang dimaksud gambar itu, mereka sama-sama penjahat perang dan pelanggar HAM yang sangat serius daripada Soe****o. Tapi setidaknya, teistis Bush lebih normal dibanding Hitler πŸ˜†

    @ kira yaamato:
    Ya emang harus lengser, kan maksimal cuma dua periode (8 taun). Ah, saya ga yakin. Memang Obama berjanji akan menarik pasukannya dari Irak, tapi di Afghanistan, Obama justru mengirim pasukannya lebih banyak demi memburu “teroris”.

    @ s H a:
    Sepertinya benar adanya πŸ™‚

  13. 13 sarahtidaksendiri November 21, 2008 pukul 3:52 pm

    rrrassaaiin loe Bush…hehe…

  14. 14 Catatan Muslim November 22, 2008 pukul 5:32 am

    Info yang menarik..
    Nice Blog….
    Terima kasih telah berkunjung ke http://catatanmuslim.wordpress.com

  15. 15 edi Desember 9, 2013 pukul 8:53 am

    obama bus antek antek yahudi semua ,,
    pemahaman perdamaian sempit
    sesembit di kuburnya kelak..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




Status

Temporary busy

I'm sorry

Yahoo! Messenger:

der_kaizernism

Column

Tourist Now

Total Tax

  • 9.429 juta
Iklan

%d blogger menyukai ini: